Pedoman Pembelajaran Di Masa Covid-19 SMP

Rofimustawan.blogspot.com - Kegiatan belajar dari rumah merupakan bentuk pelaksanaan kegiatan belajar untuk siswa selama kebijakan pandemi covid-19. Hal ini diputuskan karena kebijakan sosial dan physical distancing serta tidak memungkinkan adanya pembelajaran di sekolah dan berkumpulnya siswa.

Kegiatan belajar di rumah tetap melaksanakan proses pembelajaran melalui arahan dari guru/tutor Paket B merupakan bentuk dari pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan metode pembelajaran mandiri yang sistematis meliputi interaksi dengan siswa, penyajian materi pembelajaran, dan monitoring pembelajaran dilakukan oleh guru/tutor Paket B yang berada pada waktu dan tempat yangberbeda.

Pada kegiatan belajar di rumah, pendampingan dari orang tua/wali dibutuhkan pada saat anak melakukan aktivitas.

Karakteristik Perkembangan Usia SMP (10-14 Tahun) dan Capaian Kegiatan Belajar

1. Kognitif

a. peningkatan kemampuan analisis,

b. kemampuan mengembangkan suatu kemungkinan berdasarkan dua atau lebih kemungkinan yang ada,

c. kemampuan menarik generalisasi dan inferensasi dari berbagai kategori objek yang beragam.

2. Afektif

Perkembangan afektif siswa SMP mencakup proses belajar perilaku dengan orang lain atau sosialisasi. Sebagian besar sosialisasi berlangsung lewat pemodelan dan peniruan orang lain.

3. Psikomotorik

a. Terjadinya ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan.

b. Mulai timbulnya ciri-ciri seks sekunder

c. Kecenderungan ambivalensi, antara keinginan menyendiri dengan keinginan bergaul, serta keinginan untuk bebas dari dominasi dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orangtua.

d. Senang membandingkan kaedah, nilai etika atau norma dengan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan orang dewasa

e. Reaksi dan ekspresi emosi masih labil.

f. Mulai mengembangkan standar dan harapan terhadap perilaku diri sendiri yang sesuai dengan dunia sosial.

g. Kecenderungan minat dan pilihan karier relatif sudah lebih jelas

Capaian Kegiatan Belajar

Guru/tutor Paket B dapat memberikan pemahaman dan mendorong orang tua untuk:

1. mengembangkan kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan

2. merangsang tumbuhnya 4C (Critical thinking, Collaborative, Creativity dan Communicative) pada diri siswa.

3. menumbuhkembangkan enam kompetensi literasi dasar yang meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya dan kewargaan.

4. melatih kemampuan saintifik siswa dengan melakukan akitivitas 5M pada saat mendampingi kegiatan belajar siswa.

Prinsip-Prinsip Belajar Dari Rumah Melalui

Pembelajaran Jarak Jauh (Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020)

1. Keselamatan dan kesehatan lahir batin siswa, guru/tutor Paket B, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama.

2. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum.

3. Fokus pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi COVID-19

4. Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik

5. Aktivitas dan penugasan dapat bervariasi antar daerah, sekolah dan siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan

kesenjangan akses terhadap fasilitas.

6. Hasil belajar siswa diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari

guru/tutor Paket B tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif.

7. Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru/tutor

Paket B dengan orangtuawali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel