Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021

Pengantar Kalender Pendidikan

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat DINAS PENDIDUKAN secara resmi telah mengelaurkan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021. Kalender Pendidikan yang dimaksudpada Diktum KESATU digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan SLB baik Negeri maupun swasta di provinsi jawa barat.

Kalender Pendidikan adalah salah satu perangkat pembelajaran yang dibentuk atau ditentukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang disebarluaskan ke tiap kabupaten-kabupaten atau kota. Adapun tujuan dari pembuatan Kalender Pendidikan adalah untuk mengatur pembelajaran selama 2 semseter atau 1 tahun.

Penggunaan/Manfaat Kalender Pendidikan

Manfaat lainnya dari penggunaan Kalender Pendidikan secara spesifik adalah sebagai berikut:
1. Sumber utama dari perangkat pembelajaran yang lainnya seperti Silabus dan RPP
2. Memudahkan para guru dalam mengatur waktu pembelajaran
3. Mengetur waktu dalam Program Tahunan
4. Mengatur waktu dalam Program Semester
5. Mengetahui waktu-waktu seperti Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Kalender Pendidikan harus dicetak oleh para guru-guru dan dijadikan penduan waktu pembelajaran supaya lebih efektif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Meskipun situasi sekarang ini semua sekolah di Negara Indonesia di liburkan, tetapi alangkah baiknya kita mempersiapkan administrasi untuk tahun Pelajaran 2020/2021.

Sesua dengan pengalaman Admin sebagai pengajar di sekolah, alangkah baiknya perangkat pembelajaran itu di satukan atau dijilid jadi satu contoh susunannya adalah
1. Kalender Pendidikan
2. PROTA
3. PROMES
4. Silabus
5. RPP
6. KKM

Itu saja pengetahuan Admin seputar manfaat dan penggunaan dari salah satu perangkat pembelajaran yaitu Kalender Pendidikan.


Untuk selengkapnya, bapak/ibu guru langsung saja download file nya dengan klik di bawah ini.

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 Unduh File


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel