RPP Daring PAI Kelas 1 SD Tema: Kasih Sayang Pembelajaran 1 dan 2 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh guru sebelum pelaksanaan pembelajaran supaya pembelajaran berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Jenis RPP yang Admin akan bagikan adalah RPP 1 lembar atau lebih disederhanakan sesuai dengan surat edaran dari Kemdikbud Nomor 14 Tahun 2019 yaitu terkait penyederhanaan RPP kurikulum 2013 yang berbasis Daring, dimana proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakn secara online baik melalui Group Whatsap maupun media sosial lainnya yang bisa diakses oleh para peserta didik.
Berikut adalah contoh RPP Daring PAI Kelas 1 SD Tema Kasih Sayang Pembelajaran 1 dan 2.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
|
SD .........................
|
Muatan Terpadu :
|
PAIBP
|
Kelas / Semester :
|
I (Satu/1 (satu)
|
Pembelajaran Ke- :
|
1 dan 2
|
Tema / Subtema :
|
Kasih
sayang
|
Alokasi Waktu :
|
2 pertemuan
|
A. Tujuan Pembelajaran - Melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi
whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik dapat menyebutkan kasih
sayang nabi Muhammad SAW. terhadap ummatnya dengan benar.
- Melalui pembelajaran jarak jauh
menggunakan aplikasi whatsapp dan bantuan modul pembelajaran peserta didik
dapat menyebutkan kasih saying Allah terhadap ummatnya dengan .benar.
B. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alat dan Media
|
Pendahuluan
|
Salam,
doa, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, skenario
pembelajaran dan aspek- aspek yang akan dinilai.
|
WhatsApp
|
Kegiatan Inti
|
HOME VISIT (JARUNJUNG)
1.
Peserta didik secara
berelompok/individu dikunjungi guru
2.
Peserta didik menyimak gambar
tentang kasih sayang Allah terhadap ummatnya.
3.
Peserta didik menyimak
penjelasan guru tentanng kasih sayang nabi Muhammad SAW.
4. Peserta didik menulis ringkasan pelajaran tentang kasih saying Allah
dan Nabi Muhammad SAW.
|
Modul/Buku Tematik, Slide
gambar
|
Penutup
|
1.
Peserta didik mengerjakan tes
akhir dan mengisi penilaian diri
2.
Guru menyimpulkan, mengapresiasi
dan memberikan tindak lanjut
|
Modul/Buku tematik
|
C. Penilaian
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
·
Pengamatan selama daring dan
lembar penilaian diri
|
·
Tugas pada modul
|
·
Membuat produk cerita gambar
tentang suasana alam
|
............., Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PAIBP
........................................ ........................................ NIP. .................................. NIP.
.................................. | | | |